Outclass Kelas 4, Siswa Siswi Sokonandi Menambah Ilmu Di Klaten

Rabu, 31 Oktober 2018 siswa siswi SD Muhammadiyah Sokonandi tepatnya kelas 4 melakukan kegiatan Outclass. PT Kepurun Pawana Indonesia lah yang menjadi tempat tujuan outclass kali ini. Tempat ini terletak di lereng Gunung Merapi di Desa Kepurun Manisrenggo Klaten.  Lembaga yang berdiri pada tahun 1997 ini awalnya merupakan Pusat Pelatihan (Training Center) untuk karyawan PLN yang menjelang purna tugas. Lambat laun, lembaga ini  berubah menjadi pusat kegiatan pembelajaran untuk pertanian terpadu yang telah menyebar hingga manca negara.

   

Siswa siswi berangkat dari sekolah pukul 7.30 dan memerlukan waktu sekitar 1 jam untuk sampai disana. Sampai lokasi langsung disambut pemandu untuk memulai kegiatan. Siswa siswi kemudian dikelompokkan menjadi kelompok kecil. Kegiatan disana pun cukup menyenangkan, mereka diajari membuat bakso, bercocok tanam sekaligus cara merawatnya, melihat peternakan, mengamati pembuatan biogass, dan belajar membuat telur asin.

Oleh karena itu, tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tujuan outclass kelas 4 kali ini. “Kegiatan  ini menjadi pembelajaran di luar kelas yg menyenangkan. Karena siswa siswi kita dibekali berbagai pengetahuan tentang pembuatan biogas, pembuatan bakso, pembuatan telur asin, dan bertanam pohon. Sesuai dg pembelajaran kelas 4 tentang sumber energi alternatif” menurut ibu Widi selaku salah satu wali kelas 4.

Akhirnya kegiatan yang diikuti oleh 195 siswa siswi kelas 4 dan 15 guru pendamping hari itu diakhiri dengan makan bakso bersama sebelum kembali ke sekolah.


    Kirim Komentar