Siswa Siswi Kelas 3 Outclass Ke Jogja Exotarium Mini Zoo Sleman

Peribahasa mengatakan “carilah ilmu walau sampai ke negeri cina”. Artinya selama kita hidup kita harus belajar. Menimba ilmu sebanyak mungkin bahkan sampai tua sekalipun. Dan tidak berhenti belajar walaupun sampai tempat yang jauh sekalipun.

Belajar juga tidak dilakukan disekolah formal saja. Belajar bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Pada anak usia dini belajar dapat dilakukan dengan hal yang menyenangkan seperti bermain. 'Bermain sambil belajar' dan 'belajar seraya bermain'. 

Metode ini juga juga dilakukan SD Muhammadiyah Sokonandi. Hari selasa 16 oktober 2018, tepatnya siswa siswi kelas 3 mengadakan “outclass” di Jogja Exotarium Mini Zoo yang beralamat di Jl.Magelang Km. 8 Desa Sendangadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tempat yang cukup dekat membuat perjalanan rombongan 7 bis sedang ini tidak terlalu lama, hanya 30 menit saja yang dibutuhkan untuk sampai di tempat outclass ini. Setelah sampai, rombongan disambut kakak-kakak yang siap memandu dan menjelaskan apa yang ada disana. Perjalanan dimulai dengan membagi siswa siswi menjadi beberapa kelompok dengan kakak pemandu masing-masing agar mudah untuk menjelaskan apa yang mereka lihat.

Sebenarnya, di tempat itu, mereka dikenalkan dengan berbagai macam binatang. Walaupun disebut “mini zoo” tempat ini juga memiliki cukup banyak macam binatang. Sembari melihat koleksi hewan disana, siswa-siswi diberi tugas untuk mengidentifikasi jenis-jenis hewan tersebut berdasarkan ciri-ciri, habitat, jenis makanan, dan lain-lain.

Kegiatan hari itu diakhiri dengan menanam tanaman dan berenang bagi yang menginginkan. Siswa siswi pun terlihat gembira dengan kegiatan semacam ini.


    Kirim Komentar