Studi Banding Tim Keuangan SD Muhammadiyah Sokonandi ke SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Pada Senin, 30 November 2020, SD Muhammadiyah Sokonandi melaksanakan kunjungan studi banding ke SMA Muhanmadiyah 3 Yogyakarta. SD Muhammadiyah Sokonandi dengan 7 (tujuh) perwakilannya berkunjung untuk belajar tentang sistem keuangan yg digunakan oleh SMA Muhammadiyah 3. Tim SD Muhammadiyah Sokonandi diterima oleh Bp. Herry selaku Kepala SMA Muhammadiyah 3 dan bu Yuni selaku bendahara beserta Bp. Dwi sebagai pembantu bendahara. Sistem keuangan SMA Muhammadiyah 3 adalah sistem dari LPPK PP Muhammadiyah . Kepala Sekolah, SD Muhammadiyah Sokonandi Bp. H.Sofyan,S.Si.,M.Pd dan Ibu Anis Rofiah,S.Th.I.,M.S.I.berharap dengan kegiatan studi banding tersebut dapat menjadi sarana untuk belajar tentang sistem yang digagas oleh LPPK PP Muhammadiyah (SIA) sehingga sistem keuangan SD Muhammadiyah Sokonandi akan lebih baik lagi. Acara terlaksana dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan sebagai bagian dari langkah pencegahan penyebaran virus Covid-19 di lingkungan sekolah. 

    

Kegiatan tersebut dibuka oleh Bp.Herry selaku kepala sekolah SMA Muhammadiyah 3 dilanjutkan dengan pengenalan sistem keuangan yang dipakai oleh SMA Mjhammadiyah 3 serta diskusi bersama.

Melalui kunjungan tersebut SD Muhammadiyah Sokonandi berharap dapat belajar hal-hal baru tentang bagaimana pengelolaan keuangan yang akuntabel dan transparant di SMA Muhammadiyah 3 yang menggunakan sistem keuangan ini belum lama, akan tetapi sudah dapat dirasakan manfaatnya. Semua laporan keuangan lebih mudah diketahui dan terbaca tidak hanya oleh tim keuangan tetapi dapat diakses dengan mudah oleh Kepala Sekolah. Sistem keuangan ini menggunakan double entry sehingga ada keseimbangan dalam neraca keuangan. 

Dalam kunjungan ini juga dijelaskan tentang sistem entry data dari bagian penerima maupun pembuatan laporan keuangan dari bendahara. 

Tim keuangan dari SD Muhammadiyah Sokonanadi tertarik menggunakan sistem keuangan yg digunakan oleh SMA Muhammadiyah 3 dan sepertinya mudah untuk diaplikasikan dalam sistem keuangan di SD Muhammadiyah Sokonandi serta mempermudah juga walimurid dalam melihat keuangan yang harus dibayarkan oleh orang tua.
Kegiatan diakhiri dengan bertukar cenderamata dan oleh - oleh serta foto bersama.
Semoga kegiatan ini memberikan manfaat bagi kedua sekolah. 

Untuk Sokonandi yang lebih baik.


    Kirim Komentar